SEPUTAR INFO PENYAKIT DAN INFO KESEHATAN

 

Fibromyalgia Syndrome (Sindrom Fibromialgia)

Share on :
Sindrom Fibromialgia (Fibromyalgia syndrome - FMS) sebelumnya disebut fibrositis, merupakan sindrom nyeri difusi dan salah satu penyebab yang paling umum dari nyeri muskuloskeletal kronis. Sindrom Fibromialgia ditemukan di hampir 15% pasien yang dilihat di praktik reumatologi umum dan 5% pasien klinik medis umum. Sindrom Fibromialgia lebih banyak menyerang wanita daripada pria, dan walaupun bisa menyerang semua kelompok usia, puncak insidensinya adalah antara 20 - 60 tahun. Sindrom Fibromialgia bisa muncul sebagai gangguan primer atau berkaitan dengan penyakit mendasar, misalnya lupus eritematosus sistemik, artritis reumatoid, osteoartritis dan sindrom apnea tidur (sleep apnea).
Sindrom Fibromialgia juga dilaporkan menyerang anak-anak yang cenderung mengalami nyeri yang lebih terdifusi dan gangguan tidur yang lebih parah daripada pasien dewasa. Anak-anak bisa mempunyai titik perih (tender points) yang lebih sedikit, dan banyak anak mengalami penambahan titik selama 2 sampai 3 tahun.


Penyakit Sindrom

Penyebab Sindrom Fibromialgia
- Tidak diketahui (pada bentuk primer)
- Lupus eritematosus sistemik, artritis reumatoid, osteoartritis, dan sindrom apnea tidur (pada bentuk sekunder).

Tanda dan Gejala Sindrom Fibromialgia
- Nyeri dan kaku muskuloskeletal kronis : terdifusi, samar, biasanya terkonsentrasi di leher, bahu, punggung bawah, dan anggota tubuh proksimal, kemungkinan melibatkan keempat kuadran tubuh; biasanya berkurang saat beranjaknya hari; bervariasi dari hari ke hari; faktor yang memperburuk antara lain stres, kurang tidur, perubahan cuaca, dan tidak beraktivitas.
- Kerusakan kognitif
- Pusing
- Mata dan mulut kering
- Sindrom usus iritabel
- Titik perih multipel di area khusus pada pemeriksaan
- Parestesia
- Sensasi pembengkakkan tangan
- Sensitif terhadap bau, suara keras, cahaya terang, dan medikasi yang diberikan
- Sensitivitas kulit
- Gangguan tidur

Uji Diagnostik
- Rasa perih bisa diperoleh dengan memberi tekanan sedang di lokasi khusus
- Pengujian diagnostik untuk Sindrom Fibromialgia yang tidak berkaitan dengan penyakit mendasar biasanya tidak memperlihatkan sinovitis atau pembengkakkan signifikan, pemeriksaan neurologis menunjukkan hasil normal, dan tidak ada keabnormalan laboratoris atau radiologis merupakan hal umum yang dialami pasien Sindrom Fibromialgia.

Tindakan Penanganan
- Penanganan meliputi pemberitahuan pada pasien bahwa walaupun nyeri Sindrom Fibromialgia bisa parah dan umumnya kronis, hal ini umum terjadi dan tidak menyebabkan komplikasi yang membuat deformitas maupun membahayakan nyawa.
- Latihan aerobik teratur dan berdampak rendah bisa membantu meningkatkan pemeliharaan otot, menambah energi, dan semua yang berhubungan dengan kesehatan.
- Pengontrol rasa sakit bisa meliputi terapi fisik, terapi pijat, atau injeksi titik perih
- Pengobatan ultrasound bisa digunakan untuk area tertentu yang bermasalah
- Akupungtur, fototerapi, dan latihan batin-tubuh, misalnya yoga atau meditasi
- Antidepresan trisiklik, misalnya amitriptyline, nortriptyline, atau cyclobenzaprine yang diberikan sebelum tidur bisa membantu pasien tidur, namun agens tersebut berefek antikolinergis, merugikan dan menimbulkan kantuk sepanjang hari.

Info artikel menarik lain silahkan baca Fatty Liver (Hati Berlemak), sedang untuk informasi alat kedokteran & alat kesehatan silahkan kunjungi www.duniaalatkedokteran.com.

0 komentar on Fibromyalgia Syndrome (Sindrom Fibromialgia) :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Info PROPERTI

Info Alat Kedokteran

Peluang Bisnis!

Peluang Bisnis Kuliner Jepang MAU?
OTAYAKIMU | Spesialis Okonomiyaki & Takoyaki

Mengajak anda bergabung bersama kami untuk menjadi mitra kami.

Info Mitra / Waralaba :

Pin.5B28812B
Hp.081210707041
Email : Otayaki@yahoo.com
Twitter : @otayakimu
Website : www.otayaki.com/p/info-kerjasama.html