SEPUTAR INFO PENYAKIT DAN INFO KESEHATAN

 

Gallbladder & Bile Duct Cancers (Kanker Kantung Empedu & Saluran Empedu)

Share on :
Kanker Kantung Empedu merupakan kanker langka yang mencakup kurang dari 1% dari semua kasus kanker. Kanker Kantung Empedu biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pasien kolesistitis. Prevalensi penyakit ini paling tinggi pada wanita yang berusia lebih dari 60 tahun. Kanker Kantung Empedu berkembang sangat cepat dan biasanya berakibat fatal, pasien jarang bisa hidup lebih dari 1 tahun setelah di diagnosis. Prognosisnya buruk karena terlambat di diagnosisl, Kanker Kantung Empedu biasanya tidak di diagnosis sampai setelah pasien menjalani kolesistektomi dan biasanya sudah memasuki stadium atas dan metastatik.
Kanker Saluran Empedu ekstrahepatik menyebabkan sekitar 3% kematian akibat kanker ini. Kanker Saluran Empedu muncul pada pria dan wanita yang berusia antara 60 sampai 70 tahun (insidensinya sedikit lebih tinggi pada pria). Tempat yang biasa diserang adalah bifurkasi di saluran umum.
Umumnya pemeriksa dibingungkan antara kanker di ujung distal saluran umum dengan kanker pankreatik. Secara khas, metastasis terjadi di nodus limfa lokal dan di hati, paru-paru, dan peritoneum. Metastasis nodus limfa terjadi di hampir 70% pasien saat di diagnosis. Perluasan langsung ke hati umum terjadi (menyerang sampai 90% pasien); perluasan langsung ke sistik dan saluran empedu umum, dan ke lambung, kolon, duodenum, dan jejunum menyebabkan obstruksi. Metastasis juga terjadi melalui vena portal atau hepatik ke peritoneum, ovarium, dan lobus paru-paru bawah.


Dunia Alat Kedokteran

Penyebab Kanker Kantung Empedu & Saluran Empedu

- Adenokarsinoma (85% sampai 95% kasus)
- Kanker saluran empedu ekstrahepatik (tidak diketahui)
- Batu empedu
- Tipe jaringan capuran (jarang)
- Karsinoma sel skuama (5% sampai 15% kasus)

Tanda dan Gejala

Kanker Kantung Empedu
- Tanda dan gejala identik dengan tanda gejal kolesistitis
- Distensi abdominal
- Anoreksia, mual, dan muntah
- Hepatosplenomegali (pada beberapa pasien)
- Sakit kuning
- Nyeri di epigastrum atau kuadran kanan atas
- Kantung empedu palpabel
- Berat badan turun

Kanker Saluran Empedu

- Tinja berwarna hitam dan seperti ter
- Menggigil dan demam (jika terjadi kolesistitis)
- Nyeri kronis di epigastrum atau kuadran kanan atas dan memancar ke punggung
- Sakit kuning progresif dan berat (tanda pertama obstruksi)
- Pruritus dan ekskoriasi kulit

Uji Diagnostik Kanker Kantung Empedu & Saluran Empedu

Kanker Kantung Empedu
- Uji fungsi hati biasanya memperlihatkan kenaikan kadar bilirubin serum, empedu dan bilirubin urin, dan urobilinogen pada lebih dari 50% pasien yang menderita kanker kantung empedu. Pasien ini juga mengalmi kenaikan alkalin fosfatase serum secara konsisten
- Scan hati-limpa mendeteksi keabnormalan
- Kolesistrogafi bisa menunjukkan batu atau kalsifikasi (kantung empedu porselen)
- Alat MRI bisa menunjukkan area pertumbuhan tumor
- Kolangiografi bisa menguraikan obstruksi saluran empedu.

* Kanker Saluran Empedu

- Hasil uji fungsi hati menunjukkan kenaikan kadar bilirubin (5 sampai 30 mg/dl), alkalin fosfatase, dan kolesterol darah disertai waktu protombin yang berlangsung lama memastikan obstruksi bilier
- Pankreatografi retrograd endoskopis mengidentifikasi tempat tumor dan membuat akses untuk mendapatkan specimen biopsi.

Tindakan Penanganan

- Pembedahan paliatif bisa meliputi kolisistektomi, eksplorasi saluran empedu biasa, drainase pipa-T, dan eksisi baji pada jaringan hepatik
- Pembedahan untuk meringankan obstruksi dan sakit kuning yang disebabkan oleh Kanker Saluran Empedu ekstrahepatik bisa meliputi kolesistoduodenostomi dan drainase pipa-T saluran empedu umum, tergantung tempat terjadinya kanker
- Tindakan paliatif lain bagi kedua jenis kanker meliputi terapi radiasi, implan radiasi (paling banyak digunakan untuk rekurensi lokal dan insisional) dan kemoterapi (tidak sering digunakan).

Info artikel menarik lain silahkan baca Folikulitis, Furunkulosis, & Karbunkulosis (Furuculitis, Furunculosis, & Carbun Culosis), sedang untuk info alat kedokteran & alat kesehatan silahkan kunjungi www.duniaalatkedokteran.com.

1 komentar:

Unknown mengatakan... 27 Mei 2015 pukul 09.52

keren banget artikelnya sob
http://goo.gl/dodfXx

Post a Comment and Don't Spam!

 

Info PROPERTI

Info Alat Kedokteran

Peluang Bisnis!

Peluang Bisnis Kuliner Jepang MAU?
OTAYAKIMU | Spesialis Okonomiyaki & Takoyaki

Mengajak anda bergabung bersama kami untuk menjadi mitra kami.

Info Mitra / Waralaba :

Pin.5B28812B
Hp.081210707041
Email : Otayaki@yahoo.com
Twitter : @otayakimu
Website : www.otayaki.com/p/info-kerjasama.html